Pengaruh Budaya Terhadap Perilaku Manusia Dalam Kehidupan Sehari-hari

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki beragam budaya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Budaya merupkan sebuah identitas atau ciri khas dari sekumpulan orang yang tinggal di wilayah tertentu. Dimana budaya tersebut muncul dari perbuatan yang dilakukan manusia secara berulang-ulang dan akhirnya membentuk sebuah kebiasaan dan menjadi sebuah budaya di masyarakat tersebut. Selanjutnya budaya tersebut akan mengakar dalam kehidupan masyarakat sehingga menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Hal tersebut menjadikan budaya berpengaruh pada perilaku manusia.

khanfarkhan.com

Dalam kehidupan sehari-hari tak bisa dipungkiri, manusia akan didekte oleh budaya baik dalam berperilaku baik ataupun buruk. Perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari memang banyak yang dipengaruhi oleh budaya yang memang tak bisa dihindari dan terpisahkan antara keduanya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa pengaruh budaya terhdap perilaku manusia yang perlu anda anda ketahui.

  1. Budaya Berpengaruh pada Interaksi Manusia
    Budaya membawa pengaruh bagi interaksi antara manusia satu dengan lainnya. Kebiasaan interaksi manusia dengan sesamanya saat bersosialisasi akan mengubah perilaku seseorang. Seperti halnya saat ini, internet dan gadget berdampak pada pola komunikasi yang serba canggih. Tak heran bila muncul budaya media sosial di kehidupan masyarakat modern seperti saat ini. Namun hal tersebut justru menjadikan manusia semakin pasif terhdap lingkungan sekitar.
  2. Pengambilan Keputusan dalam Berperilaku Konsumsi
    Berkembangnya zaman menjadikan produksi barang kebutuhan semakin meningkat tajam dan harganya relatif lebih murah. Hal tersebut juga berpengaruh pada kebudayaan manusia dari masyarakat agraris ke masyarakat perkotaan. Dengan demikian maka pola hidup manusia yang semakin konsumtif untuk mengikuti kebutuhan budaya baru.
  3. Tatanan Kehidupan Masyarakat
    Berkembangnya teknologi ternyata memberikan dampak bagi tatanan hidup manusia Dimana masyarakat saat ini sudah terbiasa dengan teknologi sehingga mengubah pola perilaku kehidupannya dari yang sederhana ke serba canggih.

Demikianlah penjelasan mengenai pengaruh budaya terhadap perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari yang bisa menambah wawasan anda. Dari penjelasan di atas, tak bisa dipungkiri bahwa budaya memang dapat membawa pengaruh yang begitu besar dalam perilaku manusia. Tetapi pastikan untuk tetap selektif dalam berbudaya agar tidak melanggar norma-norma yang berlaku.