Berkenalan Dengan Rayap, Hama yang Tekun Menggerogoti Rumah dan Isinya

Rayap adalah serangga yang berperan sebagai pengurai nutrisi untuk tanah dari tumbuhan yang mati. Sayangnya, peran yang sebenarnya positif ini menjadi berkebalikan oleh kehadiran manusia. Rayap justru dianggap sebagai hama di lingkungan manusia karena merusak tempat tinggal dan berbagai macam barang yang ada di dalamnya. Maka dari itu, jasa anti rayap pun banya dibutuhkan untuk mengendalikannya.

Jasa Anti Rayap

Ancaman Hama Rayap yang Tersembunyi

Meskipun sering dianggap sepele, rayap justru termasuk hama yang cukup sulit dikendalikan meskipun lingkungannya tak begitu mendukung. Rayap yang menyasar kayu dan tanah, tak jarang juga bisa merusak bagian lain seperti tembok dan alat lain yang tidak dibuat dari kayu.

Jadi meskipun rumah Anda menggunakan dinding tembok, bukan dari kayu, rayap tetap saja menjadi ancaman. Hal ini dikarenakan rumah yang dibangung menggunakan berbagai komposisi dari kayu dan material lain dengan kandugan selulosa di dalamnya.  Karena rayap bekerja di bawah permukaan, deteksi serangannya pun menjadi tidak mudah.

Beberapa hal yang perlu Anda ketahui yang mungkin berguna untuk mengatasi masalah rayap di tempat Anda diantaranya;

Rayap cenderung hidup di tempat gelap dengan suhu hangat dan cukup lembab. Ia tidak tahan dengan cahaya bahkan akan segera mati setelah terpapar oleh cahaya matahari.

Dalam koloninya, rayap terbagi menjadi beberapa kedudukan dan tugas sendiri. Antara lain adalah ratu yang akan berkembang biak, rayap penjaga dengan capit dan sengat di kepala untuk melindungi diri, ada pula rayap pekerja yang membangun sarang dan mencari makanan.

Rayap sendiri terdiri sekitar 120 jenis dan yang paling banyak dikenal antara lain

  • Rayap tanah, memiliki anggota koloni yang sangat besar dan cenderung hidup di bawah tanah.
  • Rayap kayu, cenderung hidup di tempat lembab, memakan kayu dan seringnya bersarang di atas permukaan tanah dengan tingkat kelembaban rendah
  • Rayap kayu kering; yang biasanya menghuni struktur timber

Rayap merupakan hama yang sangat tekun dengan pekerjaannya. Meskipun hanya memiliki usia skitar 2 tahun, namun mereka tidak mengenal istirahat dan terus bekerja 7 x 24 jam tanpa Anda sadari. Inilah mengapa keberadaan jasa anti rayap menjadi sangat penting.