Arti Kata Makar Dan Hukum Yang Berlaku Di Indonesia

Pasca pemilu periode 2019 lalu, kata makar tengah menjadi trending topik di masyarakat Indonesia. Banyak sekali media yang membahas mengenai kata makar ini, namun sebagai orang yang belum begitu paham mengenai istilah ini. Banyak pula orang yang menangkap bila makar ini hampir sama dengan mangkir, padahal itu memiliki arti yang jauh berbeda. Untuk anda yang belum tahu, berikut ini arti kata makar yang perlu anda ketahui.

Arti Kata Makar

Makar merupakan kata yang memiliki arti sebagai penipuan, akal busuk, ataupun perbuatan yang bertujuan untuk menjatuhkan pemerintahan. Hal ini juga dijelaskan di KBBI, dimana makar itu memiliki 3 arti. Yang pertama adalah akal busuk dan juga tipu muslihat, kemudian yang kedua adalah perbuatan atau usaha untuk menyerang maupun membunuh seseorang, dan yang ke tiga adalah perbuatan yang bertujuan untuk menjatuhkan kepemerintahan yang sah.

Pada hukum yang ada di Indoensia, makar ini tidak didefinisikan secara tegas di KUHP. Makar ini sering digunakan oleh akademisi hukum dalam mengistilahkan aanslag, dimana aanslag ini diambil dari bahasa Belanda. Aanslag sendiri merupakan kata yang memiliki arti serangan, namun serangan yang dilancarkan tersebut sangat kuat atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan violent attack dan fierce attack.

Seperti yang tercatat di pasal 87, dimana makar merupakan tindakan, apabila niat itu telah nyata dari awal mula pelaksanaan, seperti yang dimaksutkan pada pasal 53. Kemudian makar ini juga dituliskan pada pasal 104, dimana makar dengan maksut membunuh, ataupun merampas kemerdekaan Presiden maupun wakil Presiden yang sedang memerintah. Maka akan diancam dengan hukuman mati atau penjara seumur hidup, ataupun pidana penjara sementara dan paling lama 20 tahun penjara.

Memang Indonesia sangat ketat dalam segala macam tindak kejahatan, dan untuk tindakan seperti ini hukum yang berlaku di Indonesia pun sangat ketat. Semoga anda bisa terhindar dari segala jenis tindakan makar ini, sehingga anda tidak tersandung dengan kasus hukum yang berjalan di Indonesia. Demikianlah arti kata makar yang bisa anda ketahui, semoga bermanfaat dan trimakasih.