Kaidah-Kaidah Dari Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan teks yang digunakan untuk menerangkan berbagai peristiwa yang terjadi disekitar kita. Eksplanasi sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris yakni explanation yang berarti menerangkan. Contoh teks eksplanasi pun juga sangat banyak misalnya informasi yang membahas mengenai proses terjadinya gempa bumi, tanah longsor, pengamen jalanan dan lainnya yang tentu berkaitan dengan prosesnya karena memang tujuan dari teks ini untuk menerangkan proses-proses dari fenomena-fenomena ilmiah.

rumusrumus.com

Pada setiap peristiwa yang terjadi di sekitar kita baik peristiwa alam maupun peristiwa sosial pasti melalui sebuah proses sehingga peristiwa tersebut dapat terjadi. Kemudian suatu peristiwa yang terjadi tersebut akan menimbulkan sebuah hubungan sebab akibat dengan peristiwa-peristiwa yang lainnya,  hal inilah yang menjadi fokus dari contoh teks eksplanasi. Meskipun terlihat simple dan sederhana dalam menulis teks ini menurut rumusrumus.com terdapat kaidan-kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan. Berikut kaidah-kaidah kebahasaan dalam menulis teks eksplanasi:

  1. Menggunakan kalimat pasif

Karena teks eksplanasi bersifat informatif dan tidak mempengaruhi pembaca maka dalam penulisannya  menggunakan kalimat pasif.

  1. Banyak menggunakan konjungsi

Teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan sebab dan akibat dari terjadinya suatu peristiwa, oleh karena itu konjungsi yang banyak digunakan adalah konjungsi tentang kausal dan waktu seperti sehingga, jika, bila, pertama, sebelum, kemudian dan lainnya.

  1. Dimungkinkan menggunakan kata ilmiah

Karena salah satu ciri yang dimiliki teks eksplanasi adalah menerangkan hal yang bersifat keilmuan maka dari segi tata bahasa kebanyakan dalam pemilihan diksi menggunakan kata-kata ilmiah.

  1. Membuat justifikasi kausal bahwa benar adanya

Eksplanasi ditulis untuk membuat sebuah justifikasi atau pembenaran bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal atau sebab akibat itu benaar adanya.

  1. banyak menggunakan verba relasional (kata kerja aktif)dan verba material.

Verba relasional adalah kata kerja yang digunakan untuk menghubungkan subjek dengan kata pelengkapa sedangkan verba material adalah kata kerja berimbuhan yang digunakan untuk menunjukkan aktivitas fisik secara nyata.

  1. Membahas hal-hal yang umum sifatnya.

Dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan pada contoh teks eksplanasi maka kita akan bisa belajar menulis secara tepat dan juga benar. Selain menjadi hal yang unik kaidah kebahasaan ini juga memudahkan pembaca untuk menebak teks tersebut termasuk dalam teks jenis apa.