Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Seperti yang kita tahu bahwa Windows 10 adalah versi paling mutakhir saat ini. Jika Anda sekarang masih menggunakan versi sebelumnya, Windows 7 misalnya dan ingin upgrade ke Windows 10, sebaiknya baca artikel ini terlebih dahulu.

windroid.id

Karena kali ini kami akan membahas Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang disadur dari Windroid.ID. Jadi, simak dan baca artikel ini hingga selesai.

Kelebihan Windows 10

1. Merupakan Anak Emas Microsoft

Karena Windows 10 adalah versi paling terbaru, maka tidak mengherankan Microsoft menganak emaskannya. Hampir semua energi, tenaga, waktu dan resource dari Microsoft dihabiskan untuk membuat Windows 10 menjadi yang terbaik dalam sistem operasi.

Jadi ngga usah heran kalau sering terjadi pembaruan dan update hampir setiap bulannya.

2. Fitur-Fitur Keren dan Modern

Banyak sekali fitur-fitur kekinian dari Windows 10 yang mengikuti trend teknologi saat ini. Misalnya saja teknologi sinkronisasi One Drive yang bisa terkoneksi dengan device. Sehingga kita bisa mengakses file dan dokumen dimanapun kita berada.

3. Build Fo Gamer

Hadirnya DirectX 12 dan gaming mode pada Windows 10 akan meningkatkan pengalaman Anda dalam bermain game-game terbaru.

4. Dekstop Ekperience

Jika Anda orang yang menggunakan komputer sebagai alat kerja utama, maka OS Windows 10 merupakan partner yang bisa diandalkan. Fitur split screen dan juga Virtual Dekstop akan memudahkan Anda dalam mengakses tugas dan pekerjaan dalam sekali klik. Selain itu, menu pada Windows 10 juga sudah diperbaharui dari versi sebelumnya, yaitu Windows 8.1 yang masih menggunakan Start Screen.

5. Aman

Pada Windows 10, kemanan menjadi prioritas utama Microsoft. Hadirnya update secara berkala di sektor security adalah buktinya. Selain itu, peningkatan Windows Defender juga memungkin Anda untuk tidak menggunakan antivirus lain. Karena antivirus bawaaan sudah sangat ampuh membasmi virus dan malware.

6. Hadirnya Windows Store

Di Windows 7 Anda tidak akan menemukan Windows Store. Namun pada Windows 10, telah hadir Windows Store yang berisi berbagai aplikasi dan game baik yang gratis maupun berbayar.

Sama seperti Play Store, untuk menginstal aplikasi di Windows juga sangat mudah. Anda tinggal memilih aplikasi atau game dan langsung saja klik instal.

7. Multi Device

Windows 10 bisa berjalan dengan sangat lancar baik di tablet, laptop, dan dekstop. Misalkan saja pada tablet Axioo Windroid 9 Plus yang pernah kami bahas sebelumnya.

Kekurangan Windows 10

Tidak adil rasanya kalau hanya membahas kelebihannya saja. Meskipun memiliki segudang keunggulan, namun nyatanya masih banyak pengguna yang mengeluhkan penggunaan Windows 10. Apa saja itu? berikut ini penjelasannya.

1. Sering Update

Tidak seperti Windows versi sebelumnya yang update hanya beberapa tahun sekali. Pada Windows 10 dalam setahun bisa terjadi mayor update dan dalam sebulan bisa terjadi 2 kali update patch.

Mengapa ini dilakukan? Karena Microsoft menganggap Windows 10 bukanlah sofware melainkan layanan (Windows-as-a-Service). Jadi Micorosoft akan terus memberikan pelayanan (Service) terbaik bagi para penggunanya.

Meskipun bisa dimatikan untuk update otomatisnya, namun update pada Windows 10 bersifat memaksa. Artinya, jika ingin menggunakan Windows 10 dengan fitur dan dukungan penuh, maka wajib update Windows-nya.

2. Boros Internet atau Internet Jadi Lambat

Salah satu efek dari update di atas adalah kecepatan menjadi lambat jika anda memakai Wifi atau kuota cepat habis jika menggunakan data ponsel.

Gimana tidak boros, dalam sekali update setidaknya harus mendownload file berukuran 2GB-4GB. Ditambah lagi patch-patch tambahan setiap bulannya.

Selain update, yang bikin kuota cepet habis adalah fitur sinkronisasi dengan Cloud. Jika komputer dinyalakan maka otomatis melakukan sinkronisasi dan itu membutuhkan koneksi internet.

Nah itulah Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang perlu anda baca jika ingin beralih atau upgrade dari versi sebelumnya.