Keuntungan Menggunakan Baja Ringan Sebagai Atap Rumah

Pada zaman yang semakin canggih ini tentunya anda sudah pernah mendengar yang namanya atap baja ringan. Bagi anda yang bekerja di bidang kontruksi tentunya sudah paham betul mengenai kegunaan atap baja ringan tersebut. Pada awalnya semua atap rumah menggunakan kayu, namun sekarang seiring perkembangan zaman maka sudah mulai banyak yang beralih menggunakan baja ringan.

menghitung baja ringan

Fungsi utama atap baja ringan ini memiliki fungsi yang sama dengan rangka atap yang berbahan kayu. Namun seiring kemajuan teknologi, para ahli dunia kontruksi rumah lebih menyarankan untuk menggunakan baja ringan. Mau tau alasannya? Silahkan simak penjelasannya mengenai beberapa keuntungan menggunakan atap berbahan baja ringan.

  1. Berat atap baja lebih ringan

Keunggulan utama rangka atap yang terbuat dari baja ringan ini yaitu memiliki berat yang lebih ringan daripada rangka kayu. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat atap baja ringan ini yaitu baja yang sudah dicampuri dengan zinc-aluminium. Sehingga atap baja ini tidak akan membebani plafon yang berlebihan. Menghitung baja ringan untuk kebutuhan atap rumah sangatlah sederhana, sehingga anda dapat menganggarkannya sesuai kebutuhan atap rumah anda.

  1. Sedikit perawatan

Ketika anda menggunakan atap baja ringan ini yaitu lebih menghemat pengeluaran dalam melakukan perawatan. Atap baja ringan ini akan mempermudah falfon dalam menopang atap sehingga akan terasa lebih ringan. Apabila flafon dapat bertahan lama dalam waktu yang lama maka masalah kebocoran yang biasa terjadi dapat terhindari.

  1. 10 kali tahan lama daripada atap kayu

Masalah yang sering terjadi dalam penggunaan atap kayu yaitu ancaman dimakan rayap. Kalau anda menggunakan baja ringan maka gangguan semacam itu tidak akan terjadi. Atap rumah yang berbahan baja ringan ini dipercaya mampu bertahan 10 kali lebih lama dari kayu.

  1. Proses pengerjaan cepat

Bagi anda yang membutuhkan renovasi rumah dalam waktu yang singkat, pemakaian atap baja ringan ini solusinya. Proses pemasangan yang lebih cepat, menghemat tenaga dan tidak memerlukan waktu yang lama. Untuk pemasangan yang cepat pastinya membutuhkan tenaga ahli.

Demikianlah penjelasan mengenai keuntungan menggunakan atap baja ringan. Apabila anda ingin informasi lebih lengkap anda dapat mengunjungi link menghitung baja ringan. Segala penjelasan mengenai baja ringan akan tersaji pada link tersebut. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi anda semuanya.