Kiat Menulis Kata Pengantar untuk Makalah yang Baik dan Benar

Dalam menulis makalah pasti akan ditemukan kata pengantar yang berada di halaman depan. Bagi anda yang sedang menyusun makalah atau jenis karya ilmiah lainnya namun merasa kesulitan dalam menyusun kata pengantarnya sebaiknya tak perlu khawatir. Sebab situs https://www.dosenpendidikan.co.id/ akan menjelasan mengenai kiat menulis kata pengantar untuk makalah yang baik dan benar.

www.dosenpendidikan.co.id

Sebelum membahasa mengenai kiat menulis kata pengantar sebaiknya perlu anda ketahui bahwa kata pengantar merupakan halaman atau bagian sebuah karya ilmiah yang berisi upacan syukur serta rasa terima kasih penulis. Peletakan kata pengantar di halaman awal juga bertujuan supaya pembaca tahu bahwa selama proses pembuatan karya ilmiah tersebut penulis maupun tim penyusunnya sudah melalui banyak hal dan ada beberapa pihak yang ikut membantu. Dalam sebuah kata pengantar memiliki 3 struktur yaitu pembukaan, isi dan penutup. Supaya anda lebih mudah dalam menyusun kata pengantar ke dalam 3 bagian tersebut maka berikut akan diberikan kiat-kiatnya.

  1. Bagian Pembukaan
    Bagian pembukaan selalu berada di paragraf pertama dan kedua dari kata pengantar. Dibagian ini berisi ucapan syukur penulis atas terselesaikannya karya ilmiah tersebut. Biasanya ucapan terima kasih tersebut ditujukan pada Tuhan Yang Maha Esa tetapi ada sebagian penulis yang mengucapkan kepada Tuhan sesuai agama masing-masing. Lalu ucapan syukur kepada Tuhan dilanjutkan dengan ucapan terima kasih pada orang-orang yang sudah membantu penulisan makalah tersebut. Urutan penyebutan pihak yang terlbat disesuaikan dari yang paling berpengaruh atau memiliki jabatan tertinggi.
  2. Bagian Isi
    Untuk bagian isi dalam kata pengantar berisi sedikit gambaran tentang isi dari makalah tersebut. Pemaparan isi kata pengantar bermula dari menyebutkan judul makalah lalu sedikit pembahasan maupun hal-hal yang dilakukan penulis di dalam makalah. Sebaiknya saat menulis bagian isi ini jangan terlalu detail agar kata pengantar anda tidak begitu panjang.
  3. Bagian Penutup
    Untuk bagian penutup ini berisi permohonan mafaa serta harapan penulis dari makalah yang sudah dibuat. Permohonan maaf juga lebih ditujukan jika di kemudian hari ditemukan beberapa kesalahan di dalam makalah tersebut. Sebab ketika seseorang membuat makalah maka tidak bisa dipungkiri masih ada beberapa kesalahan. Di bagian harapan berisi pandangan lebih lanjut dari topik yang dipiulih karena penulis memiliki keterbatasan lingkup pembahasan. Sehingga pembaca bisa mengembangkan lebih lanjut topik dalam makalah tersebut.

Demikianlah penjelasan mengenai kiat-kiat menyusun kata pengantar yang baik dan benar untuk menambah wawasan anda. Bila anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap seputar pembahasan di atas maka silakan saja kunjungi link https://www.dosenpendidikan.co.id/.