Memelihara Cupang? Pastikan Kamu Tahu Beberapa Hal Berikut Ini

Harga ikan cupang ada yang mahal dan ada yang murah. Biasanya ikan cupang yang memiliki sirip besar dengan warna yang cerah akan memiliki harga lebih mahal dari jenis ikan lainnya.

www.penjualcupang.com

Jika Anda ingin membeli ikan cupang dengan harga yang cukup mahal, pastikan Anda tahu bagaimana cara memelihara ikan cupang dengan baik. Berikut ini adalah beberapa hal yang wajib Anda ketahui saat memelihara ikan cupang.

Jenis makanan yang harus Anda siapkan

Jika Anda memelihara ikan cupang pastikan Anda memberikan makanan yang bervariasi pada ikan Anda. Ikan cupang adalah ikan yang mudah bosan, oleh karena itu pastikan jenis makanan yang Anda berikan menarik baginya. Jadi pastikan nutrisi yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan ikan cupang sebagai ikan karnivora.

Selain memberikan makanan berupa pelet, Anda juga bisa memberikan suplemen berupa cacing darah beku dan juga udang beku. Pelet ikan bisa Anda berikan 2 hingga 3 setiap pagi dan 1 hingga 2 kali di malam hari.

Anda juga bisa memberikan satu hingga dua cacing darah beku yang sudah di defrost pada ikan cupang Anda lalu memberikan udang beku sebanyak 2 sampai 3 buah setiap minggunya. Ingat jangan memberikan makan dalam jumlah berlebihan untuk ikan cupang, karena hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan atau bahkan menyebabkan kematian.

Hindari menggunakan air keran langsung

Meskipun harga ikan cupang Anda murah, tapi pastikan Anda mengetahui bahwa air untuk tempat tinggal ikan cupang tidak langsung diambil dari keran. Air keran memang terlihat bersih dan segar untuk kita manusia, akan tetapi sesungguhnya di dalam air garam mengandung banyak sekali zat-zat yang berbahaya untuk ikan tinggal. Contohnya bahan kimia seperti kaporit.

Untuk memastikan air yang akan Anda gunakan untuk memelihara ikan cupang ini bersih dan aman, Anda bisa membiarkan air ini diam pada kontainer terbuka selama 24 jam. Beberapa pemelihara ikan cupang juga menghangatkan air dan memasukkan ikan saat air sudah benar-benar dingin.

Menggunakan water conditioner

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk memastikan air di akuarium Anda aman untuk tempat tinggal ikan cupang adalah dengan menggunakan conditioner air. Conditioner air biasanya memiliki harga yang tidak mahal dan diformulasikan untuk menjaga lingkungan tempat hidup ikan sesuai dengan kebutuhan ikan.

Dengan treatment di atas baik harga ikan cupang murah atau mahal dapat hidup lebih lama sesuai dengan yang Anda harapkan.