Mengenal Adab yang Baik Saat Menjenguk Orang Sakit Menurut Islam

Bila ada kerabat atau rekan yang sedang sakit maka sebagai sesama muslim sudah selayaknya anda menjenguk orang yang sakit tersebut. Sebab menjenguk orang sakit adalah salah satu hak muslim terhadap muslim lainnya. Namun dalam menjenguk orang sakit terdapat beberapa adab yang perlu anda perhatikan. Tentunya saat menjenguk orang sakit tidak hanya cukup mengucapkan syafakallah saja tetapi ada hal lain yang perlu diketahui.

syafakallah

Dengan menjenguk sesama muslim yang sakit maka akan datang banyak kebaikan bagi muslim tersebut. Tetapi sebelum anda menjenguk orang sakit sebaiknya ketahui beberapa adab berikut ini sesuai dengan syariat Islam.

  1. Hendaknya menjenguk orang yang sakit dilakukan sebagai amalan yang diniatkan untuk menjalankan perintah Allah SWT dan Nabi.
  2. Dengan meniatkan untuk berbuat kebaikan pada saudara dengan menjenguk saat sakit maka orang yang sakit tersebut akan merasa senang serta lebih lapang hatinya ketika dijenguk.
  3. Gunakan waktu menjenguk untuk memberikan arahan bagi si sakit mengenai perkara yang bermanfaat untuknya misalnya menyuruh untuk bertaubat, beristigfar serta menyelesaikan hak orang lain yang mungkin selama ini masih belum ia penuhi.
  4. Jika saat menjenguk orang sakit tersebut ternyata si sakit sedang bermasalah mengenai tata cara thaharah ataupun shalat selama sakit maka penjenguk yang mempunyai ilmu terkait dengan permasalahn tersebut sebaiknya mengajarkannya pada si sakit.
  5. Penjenguk dapat melihat maslahat bagi si sakit apakah ia lama mengalami sakit atau cukup sebentar. Jika si sakit tampak gembira dan senang saat berlama-lama di tempat tersebut maka sebaiknya anda lebih lama menenami si sakit dalam rangka berbagai kebahagiaan bersamanya. Tetapi jika yang terlihat adalah sebaliknya maka hendaklah penjenguk tidak berlama-lama menjenguk si sakit tersebut.
  6. Penjenguk hendaknya mengingat nikmat Allah yang berupa kesehatan yang kini sedang dinikmatinya. Sebab banyak orang yang tidak tahu kadar nikmat Allah kecuali saat ia tertimpa musibah yang menyebabkan kehilangan nikmat tersebut. Dengan menyadari nikmat Allah maka ia akan memuji serta memohon agar dilanggengkan nikmat tersebut,

Melalui penjelasan di atas, kini seorang muslim bisa mulai belajar mengenai adab menjenguk orang sakit. Dengan begitu maka saat menjenguk orang yang sakit, anda tidak hanya bisa meringankan rasa sakit orang tersebut tetapi juga memperoleh berbagai keutamaan. Namun jangan sampai lupa untuk mendoakan si sakit dengan mengucapkan syafakallah bila yang sakit laki-laki agar Allah segera memberikan kesembuhan.