Mengenal Fungsi Komunikasi yang Sangat Luas dan Tiada Batas

Komunikasi merupakan sebuah kemampuan yang dimiliki seseorang sejak dia masih kecil. Namun hal ini tidak menjamin seseorang memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan baik dan lebih efektif. Menjalankan komunikasi dengan baik itu sangat penting untuk dipelajari agar bisa membantu anda menjalin hubungan baik dengan masyarakat lainnya.

https://www.pahlevi.net/

Jadi berkomunikasi ini menjadi salah satu proses yang lengkap dengan memiliki banyak unsur didalamnya. Kegiatan berkomunikasi ini bisa berjalan dengan baik dan efektif ketika didukung dengan banyak hal. Mulai dari pihak penyampai pesan, media pesan, dan penerima pesan. Sehingga kalau dilihat proses komunikasi ini tidak berjalan secara begitu saja.

Didalam berkomunikasi terdapat banyak hal yang bisa membantu memperlancar bahkan ada yang bisa menghalangi pesan sampai pada penerima pesan. Faktor internal yang mempengaruhi proses komunikasi ini adalah sifat dan karakter dari penyampai dan penerima informasi tersebut. Kemudian latar belakang, pandangan dan tujuan mereka sendiri.

Kalau faktor eksternal yang mempengaruhi dalam berkomunikasi adalah lingkungan dimana komunikasi tersebut berlangsung. Biasanya adanya sebuah gangguan, tata krama dan nilai yang ada di dalam masyarakat.

Proses berkomunikasi ini memiliki banyak fungsi. Selebihnya ada beberapa fungsi komunikasi didalam proses berkomunikasi. Selengkapnya berikut ini penjelasannya :

  • Informasi

Setiap orang pastinya membutuhkan informasi terbaru yang ada di dalam lingkungannya. Dengan adanya komunikasi ini tentunya memudahkan seseorang untuk mendapatkan informasi terbaru.

  • Motivasi

Berkomunikasi ini memiliki fungsi sebagai sarana untuk menjelaskan tujuan masyarakat dalam jangka panjang atau jangka pendek. Dengan proses berkomunikasi maka seseorang bisa menentukan sendiri pilihannya dan bisa mendorong kegiatan tersebut berdasarkan tujuan bersama-sama.

  • Pendidikan

Proses berkomunikasi yang baik dan efektif bisa membantu dalam perkembangan ilmu pendidikan. Dengan adanya komunikasi maka terjadi proses pembentukan watak, karakter dan kemampuan dalam mengasah keterampilan di masyarakat.

  • Diskusi dan perdebatan

Dengan adanya proses komunikasi maka bisa dijadikan sebagai media untuk bertukar fakta. Kemudian mencari solusi yang tepat di tengah perbedaan pendapat tersebut.

  • Sebagai hiburan

Hiburan akan semakin luas ketika disebarkan melalui berkomunikasi yang baik dan efektif. Jadi komunikasi ini merupakan salah satu proses yang luas dan tidak ada batasnya.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dari komunikasi yang sangat luas. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda tentang ilmu komunikasi yang baik dan benar.