Mengenal Pengertian Dan Fungsi Dari Broker Asuransi 

Bagi anda yang sudah berpengalaman dalam membeli produk asuransi, pastinya anda juga mengenal apa yang dimaksud dengan broker asuransi. Broker merupakan pihak ketiga yang bertugas untuk membantu nasabah asuransi dalam menuntut hak-haknya terhadap perusahaan asuransi.

agenasuransijiwa.co.id

Banyak orang berpikir bahwa menyewa jasa broker asuransi akan membuang uang karena asuransi merupakan pilihan pribadi yang bisa kita putuskan sendiri. Namun perlu diketahui bahwa asuransi tidak hanya mencakup pilihan individu. Ada banyak perusahaan yang menyewa jasa broker asuransi ini untuk memilih produk asuransi yang paling tepat bagi perusahaan.

Fungsi dari broker asuransi menurut hukum

Broker asuransi bukanlah pihak yang tidak memiliki payung hukum. Bahkan pekerjaan menjadi broker asuransi merupakan jenis pekerjaan yang diakui dan bisa mendapatkan perlindungan hukum. Berikut ini fungsi atau tugas dari broker asuransi yang perlu anda ketahui :

  1. Melakukan identifikasi terhadap kondisi calon nasabah
  2. Membuat portofolio mengenai jenis asuransi seperti apa yang sebaiknya dipilih oleh calon nasabah atau klien
  3. Membantu dalam urusan memilih dan melakukan pengalihan tertanggung asuransi
  4. Melakukan negoisasi antara pihak nasabah dengan perusahaan asuransi jika terjadi suatu kesalahpahaman
  5. Ketika klien akan mencairkan polis asuransi, broker bertugas untuk membantu mempermudah proses pencairan tersebut.
  6. Melakukan administrasi berkaitan dengan asuransi para nasabah

Memilih produk asuransi terutama asuransi kesehatan terbaik tentu saja membutuhkan langkah yang benar-benar cermat dan teliti. Kita tidak bisa langsung memilih produk asuransi tanpa mempertimbangkan sisi positif dan negatifnya. Kita juga tidak bisa memilih asuransi begitu saja ketika kita sendiri kurang paham mengenai kekurangan dan kelebihan dari produk yang akan kita pilih.

Untuk itulah broker asuransi ada dan diberi mandat oleh negara untuk menjadi mediator antara nasabah dengan perusahaan asuransi. Hal ini dikarenakan produk asuransi merupakan produk keuangan yang tidak bisa dilakukan tanpa pengawasan. Bagi anda yang ingin membeli asuransi, tidak ada salahnya jika adna menyewa jasa broker untuk membantu anda memilih jasa asuransi kesehatan terbaik.