Pengertian, Jenis-Jenis dan Manfaat SIUP

Apakah SIUP itu? Sobat Pahlevi sudah tahu belum? Apakah manfaat memiliki SIUP? Langsung saja kita bahas bersama-sama.

https://www.pahlevi.net

Berdasarkan keterangan dari Wikipedia, SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Setiap perusahaan, koperasi, persekutuan ataupun perusahaan perseorangan, yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib mendapatkan SIUP yang telah diterbitkan berdasar domisili perusahaan. Dan surat tersebut berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

SIUP dikeluarkan oleh pemerintah daerah serta dibutuhkan oleh para pelaku usaha yang sudah berbadan hukum. SIUP tidak hanya dibutuhkan oleh penguasa berskala besar, namun juga oleh para pengusaha kecil dan menengah supaya usaha yang dilakukannya bisa memperoleh pengakuan dan pengesahan dari Pemerintah.

Jenis-Jenis SIUP

  • SIUP Mikro

SIUP ini diperuntukkan untuk usaha yang mempunyai modal serta kekayaan bersih kurang dari lima puluh juta rupiah. Jumlah tersebut diluar dari lahan yang dipergunakan serta bangunan yang didirikan.

  • SIUP Kecil

Diperuntukkan untuk usaha perdagangan yang mempunyai modal serta kekayaan bersih lebih dari lima puluh juta sampai dengan lima ratus juta. Di luar dari nilai lahan serta bangunan yang berdiri di atasnya.

  • SIUP Menengah

SIUP menengah diberikan pada perusahaan yang mempunyai modal serta kekayaan bersih mencapai lima ratus juta rupiah sampai sepuluh miliar rupiah. Di luar nilai lahan serta bangunan yang dibangun di atasnya.

  • SIUP Besar

Diperuntukkan bagi perusahaan yang mempunyai modal serta kekayaan bersih lebih dari sepuluh miliar rupiah. Dimana jumlah tersebut tidak termasuk dari lahan dan bangunannya.

Manfaat SIUP

Dengan memiliki SIUP, maka anda bisa menghindari terjadinya masalah yang mungkin saja mengganggu perkembangan usaha anda di kemudian hari.

Usaha perdagangan yang telah memiliki SIUP berarti sudah diakui oleh Pemerintah, sehingga usaha tersebut secara penuh akan memperoleh perlindungan hukum. Dengan demikian, usaha yang sudah berizin pastinya terbebas dari proses penertiban liar. Apabila di kemudian hari ada sengketa, maka adanya SIUP bisa menjadi pegangan atas legalitas nya.

Selain itu, dengan memiliki SIUP maka pengusaha akan semakin mudah dalam melakukan peminjaman modal di bank, kemudahan ketika mengikuti lelang atau pun tender.

Bagaimana sobat Pahlevi? Sudah cukup jelas dengan pengertian, jenis-jenis dan manfaat SIUP. Semoga informasi ini senantiasa bermanfaat.