Tips Agar Mobil Teap Prima Selama Pandemi

Pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi di Indonesia telah membuat perubahan sebagian besar aktivitas penduduk Indonesia. Terlebih di kota-kota yang menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bekerja, belajar, dan aktivitas lain wajib dikerjakan di tempat tinggal saja. Ingin cek Harga mobil daihatsu palembang, Ikuti Artikel ini

www.mytha-astradaihatsu.com

Mobilitas penduduk yang berkurang dikarenakan pembatasan area gerak ini pun sedikit atau banyak berpengaruh terhadap performa kendaraan baik roda empat dan roda dua. Rutin dipakai mobil butuh perawatan, jarang dipakai samasekali dan hanya diam di garasi mobil selamanya perawatan.

Berikut ini ada tips buat Sahabat Daihatsu agar mobil selamanya didalam keadaan prima selama pandemi Covid-19.

– Panaskan mobil

Memanaskan mobil secara berkala wajib dikerjakan selama mobil jarang dipakai maupun hanya diam saja di garasi. Hal ini agar sistem battery atau saya yang berkurang dayanya sanggup terisi kembali. Untuk jangka waktunya sendiri, mesin mobil sanggup dihidupkan 2 sampai 3 hari sekali untuk menjaga sistem kelistrikan.

Durasi pemanasan mobil pun sanggup dikerjakan sekitar 5-15 menit. Ketika memanaskan sebagian kala ini, tahanlah gas agar sebabkan mesin berputar agak tinggi sedikit agar bukan hanya ada putaran stasioner saja. Jika memungkinkan, kendarailah mobil Anda setiap seminggu sekali agar seluruh sistem bekerja baik. Cukup 5-10 menit saja dengan keliling komplek atau ke supermarket.

– Angkat wiper

Kondisi dimana wiper wajib diangkat adalah kala mobil diparkir berhari-hari, khususnya di tempat terbuka. Hal ini perlu diperhatikan agar wiper tidak melengkung dan berdampak terhadap hasil basuhan kaca mobil yang kurang bersih. Kalau sehari-hari parkir pagi sampai sore tidak masalah. Namun saat ini social distancing telah berbulan-bulan, tentu wajib diperhatikan.

– Melindungi mobil berasal dari sinar matahari

Bodi dan cat mobil sebetulnya didesain tahan terhadap sinar matahari didalam kala yang relatif lama, tapi ada anggota terhadap mobil yang bila terus terpapar sinar UV sanggup rusak. Salah satunya adalah dashboard mobil.  Jika mobil digunakan, dashboard bisa saja tak terlampau panas dikarenakan ada gerakan hawa dan dinginnya AC. Bila terlampau terparkir dan terpapar sinar matahari tentu sanggup mengakibatkan kerusakan dashboard. Gunakan sunroof yang dipasang terhadap kaca depan mobil. Perlindungan layaknya ini sanggup menghambat sinar UV untuk tidak segera terkena dashboard mobil. Selain itu, Anda termasuk sanggup mengimbuhkan taplak untuk pertolongan ekstra.

– Mencuci mobil

Sebaiknya tidak membersihkan mobil di bawah paparan terik matahari, dikarenakan cat mobil akan lebih gampang pudar. Pagi hari adalah kala yang tepat untuk mencucinya, sebaiknya termasuk mesin mobil didalam keadaan dingin dan mengfungsikan air tawar. Gunakan semprotan air dengan tekanan tinggi dan pembersih spesifik untuk mengusir kotoran membandel.

Sejumlah anggota eksterior mobil yang wajib selamanya dibersihkan adalah shock absorber belakang dan depan, kaca mobil dan inquiry mobil. Jangan lupa anggota kolong mobil termasuk tak luput berasal dari semprotan air. Untuk mendukung kenyamanan dan keawetan mobil, sisi interior termasuk tidak boleh luput berasal dari aktivitas bersih. Mulai berasal dari dashboard, karpet mobil, jok mobil, langit-langit dan sela-sela pintu serta kantong-kantong jok. Berikan pengharum mobil untuk sentuhan terakhir.

– Cek tekanan angin ban

Terlalu lama mobil diam di garasi atau parkiran, tekanan angin ban termasuk sanggup berkurang lho. Sebagian anggota mobil yang mendukung berat kendaraan dan menjaga bentuknya, maka perlu sekali untuk di check secara berkala. Sekitar 2 minggu sekali, dipakai atau tidak itu mobil.

– Cek jadwal servis

Karena telah jarang digunakan, kita menjadi lupa kapan paling akhir kali mobil di servis. Padahal servis mobil perlu untuk memastikan mesin, aki, oli, minyak rem dan anggota mobil lain didalam keadaan baik.