Tugas Dan Fungsi Polsek

TUGAS

Kapolsek bertugas memimpin, membina, mengatur dan mengendalikan satuan organisasi di lingkungan polsek dan unsur pelaksanaan kewilayahan dalam jajarannya termasuk kegiatan pengaman markas serta memberikan saran pertimbangan kepada kapolres yang terkait dengan pelaksanaan tugasnya.

www.kompolmas.tv

FUNGSI

Pengawasan,pengendalian, pemimpin dan membina satuan organisasi di lingkungan polsek dan unsur pelaksana kewilayah handalam jajarannya termasuk kegiatan pengaman markas.
Pemberian saran pertimbangan kepada kapolres yang terkait dengan pelaksana tugasnya.
Memberikan arahan dan kebijakan strategi polsek dibidang pembinaan maupun operasional dilingkungan unsur pengawasan dan pembantu pimpinan,unsur pelaksana tugas pokok, unsur pendukung dan unsur pelaksana tugas wilayah.
Memberikan perintah/tugas kepada unsur pengawas dan membantu pelaksana pimpinan, unsur pelaksana tugas pokok, unsur pendukung dan unsur pelaksana tugas wilayah.
Menerima laporan pelaksana tugas baik dibidang pembinaan maupun dibidang operasional dari unsur pengawasan dan pembantu pimpinan, unsur pelaksanaan tugas pokok, unsur pendukung dan unsur pelaksana tugas kewilayahan.
Tugas pokok kapolsek
• Mengajukan pertimbangan dan saran kepada kapolres, khusunya mengenai hal hal yang bergubungan dengan bidang tugasnya
• Menyusun rencan dan progiat polsek sebagai penjabaran dari rencana dan program kerja polres, serta mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaannya guna menjamin terciptanya sasaran secara berhasil dan berdaya guna
• Memimpin polsek sehingga terjamin pelaksanaan fungsi-fungsi sebagaimana mestinya
• Membina disiplin, tata tertib dan kesadaran hukum dalam lingkungan polsek
• Melaksanakan upaya untuk memelihara dan meningktakan kemampuan operasional polsek
• Membuat koordinasi dan mengawasi serta memberikan pengarahan dan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan fungsi kepolisian, penertiban dan penyelamatan masyarakat dalam wilayahnya sesuai dengan kedudukan serta wewenang dan tanggung jawabnya
• Kapolsek bertanggung jawab langsung kepada kapolres atas pelaksana dan kewajibannya

Kepolisian sektor(Disingkat Polsek) adalah struktur komando Kepolisian republik indonesia di tingkat kecamatan. Kepolisian di sektor perkotaan biasanya disebut sebagai kepolisian sektor kota (Polsekta) kepolisian sektor dikepalai oleh seorang Kepala kepolisian sektor dan kepolisian sektor kota dipimpin oleh seorang kepala kepolisian sektor kota .
Polsek maupun polsekta dipimpin oleh seorang ajun komisaris besar polisi (AKBP) (khusus polda metro jaya) atau komisaris polis (Kompol) (untuk tipe urban), sedangkan dipolda lainnya polda atau polsekta dipimpin oleh perwira berpangkat ajun komisari besar polisi (AKBP)